Hasil Penerimaan CPNS Sulawesi Selatan

makassar_id_01_58Makassar, Sekitar 80.000 orang pendaftar seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan mengikuti ujian tertulis hari ini.Pendaftar ini tersebar pada formasi penerimaan 23 kabupaten/ kota plus formasi Pemprov Sulsel.

Tes tertulis ini meliputi tes pengetahuan umum dan ditambah dengan psikotest. Sementara mekanisme penilaian kelulusan menggunakan sistem rangking dengan pemeriksaan jawaban melalui komputer. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Andi Murny Amien Situru mengatakan, pengumuman hasil seleksi penerimaan CPNS formasi 2008 ini dilakukan akhir Desember mendatang. Diperkirakan, peserta tes sudah bisa mengetahui hasilnya, Senin 29 Desember.

”Pengumumannya paling lambat akhir Desember.Apalagi sistem pemeriksaan dan penilaian menggunakan komputer sehingga hasilnya bisa diketahui dengan cepat,” jelasAndi Murni,kemarin. Seperti diberitakan sebelumnya, penerimaan CPNS untuk tingkat Sulsel dan kabupaten/ kota serentak dilakukan 24 November lalu.Formasi penerimaan pegawai ditentukan masing-masing pemerintah dan disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah. Seperti halnya pendaftaran, jadwal seleksi juga dilakukan secara bersamaan.

Khusus untuk tes CPNS Pemprov Sulsel,Andi Murny mengatakan, untuk objektifitas jalannya seleksi, pihaknya melibatkan beberapa unsur pengawas diantaranya Bawasda, BKD, Satpol PP, DPRD,dan Kepolisian. Untuk soal yang diberikan, Pemprov menyiapkan 15 jenis soal. Lima soal untuk masing-masing tipe yakni lima untuk formasi sarjana, lima formasi D3, dan lima untuk tingkat SLTA. Terpisah, BKD Makassar dijadwalkan akan melakukan konsultasi ke Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negeri (Meneg PAN) terkait peralihan formasi.
Kepala BKD Makassar, Sittiara mengatakan, semua panitia seleksi sudah menyepakati peralihan formasi tersebut dan tinggal dikonsultasikan ke pusat. “Insya Allah, hari Selasa,(16/12) kami akan mengkoordinasikan hal ini,” jelasnya,kemarin. Sementara itu, DPRD Makassar melarang keras sejumlah pejabat dilingkup pemkot untuk menerima nomor tes CPNS titipan, dan memberikan iming-iming pada mereka untuk bisa diluluskan pada seleksi penerimaan itu.

Ketua Komisi A Yusuf Gunco mengungkapkan, pelaksanaan CPNS tahun 2008 harus murni dan tidak ada intervensi dari pihak manapun, dalam menentukan kelulusan seseorang. Apalagi, ungkap Politikus Golkar ini, jika sampai ada pejabat yang coba menjadi calo PNS, dan memberikan iming-iming meluluskan peserta dengan jaminan membayar sejumlah uang pelicin. (abriandi/ mulyadi abdillah/ suwarny dammar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: